Sabtu, 07 November 2020

media


PEMBELAJARAN STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic)

oleh : Elfison Dahsananranca Syawtupan,SE

Pembelajaran STEM dilatar belakangi dalam menghadapi era persaingan global, Indonesia pun perlu menyiapkan sumberdaya manusia yang handal dalam disiplin-disiplin STEM secara kualitas dan mencukupi secara kuantitas. salah satu pola pikir dalam pengembangan Kurikulum 2013 adalah menggeser pola pembelajaran ilmu pengetahuan tunggal (monodiscipline) menjadi pembelajaran ilmu pengetahuan jamak (multidiscipline).
Model pembelajaran STEM adalah suatu model pembelajaran yang meliputi Science, Technology, Engineering and Mathematics.?Model pembelajaran ini dapat mendorong peserta didik untuk mendesain, mengembangkan dan memanfaatkan teknologi, mengasah kognitif, afektif, serta mengaplikasikan pengetahuan.
STEM meliputi :

Sains: Kajian tentang fenomena alam yang melibatkan observasi dan pengukuran. 

Teknologi: Inovasi-inovasi untuk memodifikasi alam agar memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia.

Enjiniring (engineering) : Pengetahuan dan keterampilan untuk mendesain dan mengkonstruksi mesin, peralatan, sistem, material, dan proses yang bermanfaat bagi manusia secara ekonomis dan ramah lingkungan.

Matematika: Ilmu tentang pola-pola dan hubungan-hubungan, dan menyediakan bahasa bagi teknologi, sains, dan enjiniring



Pembelajaran STEM yang akan di Implementasikan dalam kegiatan belajar mengajar secara umum bisa dengan memanfaatkan portal rumah belajar. Portal rumah belajar yang dimanfaatkan berdasarkan sintak - sintak dalam model pembelajan STEM seluruh fitur utama dan fitur pendukung ditambah dengan produk pusdatin lainnya. 

Model Pembelajaran STEM dapat di gunakan dengan model pembelajaran yang ada seperti Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) (Lucas),  PjBL STEM (Laboy-Rush). 5E (Bybee) dan bisa ditambah model lain.  Berikut akan dibahas model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran STEM.

Model Pembelajaran Berbasis Projek (PjBL)
Model Pembelajan ini mempunyai sintak :
Model Pembelajaran Berbasis Projek (PjBL) STEM
Model Pembelajan ini mempunyai sintak :

Model Pembelajaran 5E (Bybee)
Model Pembelajan ini mempunyai sintak :

Dalam proses desain rekayasa bisa dilihat :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silabus TPAV

Silabus